PENGINGAT IBADAH BULAN RAJAB 1442 H

                            السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

PENGINGAT IBADAH BULAN RAJAB

Sekedar mengingatkan dan menginformasikan bahwa hari ini, Sabtu, 13 Februari 2021 bertepatan dengan 1 RAJAB 1442 H.

Mari kita memperbanyak doa pada bulan mulia ini sebagaimana Rasulullah, dengan doa “Allahumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa ballighna ramadlana.” Doa dilantunkan baik pada pagi, siang, sore maupun malam hari.

Bulan Rajab adalah bulan di mana Rasulullah memperbanyak puasa, selain pada bulan Sya’ban dan Muharram. Mari kita memperbanyak puasa pada bulan ini.

Apalagi pada sepuluh hari pertama dan hari ke 13, 14 dan 15 bulan Rajab. Pada dasarnya kita dianjurkan berpuasa pada hari ke berapa saja pada bulan Rajab.

Ada sebuah Hadits Nabi, “Barang siapa berpuasa sehari pada bulan Rajab maka seakan-akan ia puasa satu tahun, barang siapa berpuasa tujuh hari maka akan ditutup pintu-pintu neraka, barang siapa puasa delapan hari maka akan dibuka pintu-pintu surga, barang siapa puasa sepuluh hari apa akan dipenuhi apa saja yang ia minta”. HR. Tabrani.

Pada bulan ini kita juga diajarkan untuk memperbanyak istighfar, membersihkan diri menyambut bulan mulia berikutnya yaitu Syaban dan Ramadan. Di antaranya dengan membaca Sayyidul Istighfar. Bisa dibaca tiga kali pada pagi dan sore hari.

“Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika ma istatha’tu, ‘audzibika min syarri ma shana’tu, abu u laka bi ni’matika alayya, wa abu u bi dzambi fa innahu la yaghfiru dzunuba illa anta”

Pada bulan ini, para ulama dahulu kala banyak mewiridkan Asmaul Husna, “Ya Lathifu” dibaca 141.000 dalam satu bulan dengan membaginya 5000 dibaca setiap harinya. Kita bisa membaca sejumlah itu atau semampunya. Prinsipnya adalah memperbanyak wirid “Ya Lathifu”. Faidah dari Asmaul Husna ini, sebagaimana dijelaskan Syaikh Shalih Al-Ja’fari, adalah supaya Allah SWT memberikan kasih sayang, kehalusan, kelembutan dan belas kasih takdirnya kepada kita, juga melimpahkan rezeki bagi kita.

Begitu mulya dan indah bulan Rajab. Salah satu bulan dari empat bulan yang dimuliakan (Asyhurul Hurum) yaitu Muharaam, Rajab, Dzul Qadah, Dzul Hijjah. Rasulullah bersabda, “Bulan rajab adalah bulan Allah, bulan syaban adalah bulanku dan bulan Ramadan adalah bulat umatku.”

Janganlah sia-siakan bulan yang sangat mulia ini.

اللهم بارك لنا في رجب وشعبان

وبلغنا رمضان, أمين يا رب العالمين

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Sebelumnya

PENERIMAAN SANTRI BARU 2021-2022